Home / Publikasi / Buku / Memahami Kampung Bersama Masyarakat

Memahami Kampung Bersama Masyarakat

Pengantar

Cataan proses PRA ini memang sengaja khusus ditulis untuk masyarakat Kampung Cisarua, atas pelaksanaan belajar memahami kampung bersama masyarakat selama 10 hari, mulai dari tanggal 14 Juni – 23 Juni 2003. Tulisan ini berisi dari catatan hasil kegiatan selama di kampung Cisarua, yang dilakukan mulai dari persiapan dan perkenalan, diskusi di kelompok kelompok sampai musyawarah akhir untuk pembahasan hasil diskusi dan tindak lanjut kegiatan. Dengan adanyatulisan ini juga sekaligus peneguhan dari komitmen bersama bahwa hasil dari kegiatan sepanjang proses belajar bersama di kampung Cisarua adalah “milik bersama” bukan milik Peka saja, atau milik masyarakat saja.

Hasil dari proses belajar bersama, merupakan bahan bagi kita untuk bercermin diri, melihat diri sendiri. Kita telah diingatkan tentang sejarah, tentang perubahan perubahan, apa yang dulu kita miliki dan sekarang hilang, tentang pola pola musiman datangnya panas, hujan, hama dan penyakit. Lebih jauh kita diajak untuk memperhatikan satu sama lain tentang bagaimana kesejahteraan masyarakat, bagaimana kelembagaan di kampung berfungsi dan berperan, serta apa yang menjadi tantangan yang akan dihadapi masyarakat ke depan. Agak sedikit lebih khusus, kita juga melihat apakah jenis  tanaman yang selama ini ditanam masyarakat, dan bagaimana pergulatan persoalan dalam urusan tanam menanam sampai dengan pemasaran. Ada masalah yang ingin diselesaikan, tantangan yang akan dihadapi dan harapan yang ingin digapai. Peka Indonesia berharap apa yang telah ditulis dalam catatan proses ini bisa menjadi dokumen milik masyarakat, yang bisa menjadi bahan untuk mengembangkan kampung di masa yang akan datang. Kertas hanyalah lembaran, dan tulisan hanyalah goresan tinta saja, yang bisa rusak suatu saat nanti. Tapi makna dan semangat kebersamaan
yang ada dalam tulisan laporan ini, jauh lebih penting dibanding sekedar tulisan diatas kertas. Semoga beni- benih kebersamaan untuk belajar ini bisa kita rawat, kita pupuk dengan kemauan keras, kita sirami dengan semangat tinggi, agar bisa terus bertumbuh dan menghasilkan buah pengetahuan dan kearifan, yang bisa kita petik manfaatnya sebagai bekal untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa yang akan datang.

Demikian pengantar ini, sekali lagi Peka Indonesia mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan, layanan yang bersahabat dan keterbukaan  masyarakat kampung Cisarua sepanjang 10 hari tinggal. Semoga ini menjadi awal yang baik, bagi kebersamaan di masa yang akan datang.

Salam

Peka Indonesia

 

Selengkapnya

Download (PDF, 6.31MB)

Check Also

Tumbuhan Obat Halimun

Melestarikan kekayaan Suberdaya Alam dan Kearifan Lokal Sebuah dokumentasi keanekaragaman dan pemanfaatan tumbuhan obat oleh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *