Home / Aktivitas / Amplang Khas Kecamatan Biduk-biduk

Amplang Khas Kecamatan Biduk-biduk

Amplang merupakan camilan khas Kalimantan yang banyak diproduksi. Camilan ini merupakan camilan yang selalu ada di beberapa toko oleh-oleh khas Kalimantan di beberapa wilayah di Kalimantan. Bahan utama untuk membuat camilan ini adalah ikan tenggiri. Di kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur, juga terdapat Amplang yang diproduksi oleh penduduk. Namun, amplang yang diproduksi di tempat ini menggunakan bahan utama yang berbeda. Ikan yang diolah bukan ikan tenggiri namun ikan yang biasanya dijual oleh nelayan dengan harga yang sangat murah atau bahkan hanya diberikan kepada tetangga nelayan untuk konsumsi sehari-hari. Masyarakat di daerah ini menyebutnya ikan bulan-bulan. Rasanya tidak kalah dengan amplang yang terbuat dari ikan tenggiri.

ba

Amplang produksi lokal

Amplang ini merupakan salah satu produk kelompok wanita yang diinisiasi oleh PEKA dalam program TFCA 2 Kalimantan. Dalam program ini, ibu rumah tangga dikelompokkan dalam kelompok kecil. Masing-masing kelompok mengolah makanan khas yang berbeda untuk dapat diproduksi sebagai oleh-oleh khas Biduk-biduk. Diharapkan, produk ini dapat menjadi produk unggulan khas Biduk-biduk yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat biduk-biduk.

Saat ini, PEKA telah memulai kegiatan untuk tahun kedua. Di tahun kedua ini PEKA masih melanjutkan program yang belum selesai di tahun pertama seperti pendampingan dan penguatan lembaga. Selain itu, PEKA mulai membentuk kelompok-kelompok ekonomi alternative yang beranggotakan ibu-ibu untuk berlatih bersama dan membuat sebuah produk local yang dapat dijual sebagai produk khas kampung. Antusiasme ibu-ibu dan sambutan baik masyarakat telah membantu PEKA hingga tahun kedua ini. Antusiasme tersebut masih tetap diperlukan untuk bisa mengangkat Teluk Sulaiman menjadi lokasi wisata strategis yang tak hanya menarik wisatawan dan menyejahterakan masyarakat sekitar namun juga melindungi kehidupan liar di kawasan ini (Dk).

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA – Pameran Koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu TMII

Dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia Museum Serangga dan Taman Kupu TMII menyelenggarakan Pameran Koleksi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *