Home / Aktivitas / Pelatihan Pemetaan Partisipatif

Pelatihan Pemetaan Partisipatif

6Pengambilan Titik Koordinat

Pengambilan titik koordinat

Pemetaan adalah hal kedua yang dilakukan oleh PEKA Indonesia setelah sosialisasi program dalam program TFCA 2 Kalimantan di Kecamatan Biduk-biduk Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui tata batas desa, mitigasi bencana dan fasum di daerah ini. Dalam kegiatan ini, PEKA Indonesia melibatkan peran aparat desa dan masyarakat untuk melakukannya. Oleh sebab itu, sebelum dilakukan pemetaan, PEKA Indonesia mengadakan pelatihan pemetaan partisipatif di tiga desa yaitu Biduk-biduk, Giring-giring dan Teluk Sulaiman.

Pelatihan Peta

Pertemuan pelatihan pemetaan

Kegiatan pelatihan pemetaan partisipatif ini ditujuakan untuk melatih tim pemetaan baik dari aparat kampung maupun masyarakat lokal dalam menggunakan perangkat pemetaan yang ada. Kegiatan yang diikuti oleh aparat desa beserta masyarakat masing-masing desa ini diadakan sebanyak satu kali selama 2 hari. Setelah memahami cara penggunaan perangkat pemetaan untuk menentukan titik titik koordinat, dilakukan survey lapangan untuk pengambilan titik-titik koordinat oleh tim yang telah dilatih tersebut. Dalam kegiatan ini, masyarakat dan aparat desa bersemangat mempelajari perangkat pemetaan yang ada dan aktif dalam kegiatan diskusi.

Penentuan Batas Wilayah

Penentuan batas wilayah

PEKA Indonesia dalam TFCA 2 Kalimantan telah menyelesaikan kegiatan di tahun pertama. Dalam tahun pertama ini, beberapa kegiatan telah selesai dilaksanakan. Sosialisasi mengenai program dan kegiatan pemetaan telah dilaksanakan. Hasilnya, masyarakat di tiga desa di antara Labuan Cermin dan Teluk Sulaiman telah memahami program, maksud dan tujuan PEKA berada di wilayah tersebut. Selain itu, PEKA bersama dengan aparat kampung dan juga melibatkan masyarakat kampung telah melakukan pemetaan fasilitas umum di tiga desa tersebut. Peta juga telah dikomunikasikan dengan aparat yang berwenang dan telah divalidasi. Dalam kegiatan pemetaan ini, beberapa masyarakat kampung bersama aparat kampung memetakan batas-batas desa, fasum dan faslok dengan mencatat titik-titik koordinat pada batas masing-masing wilayah. Diharapkan, peta yang telah dibuat dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan desa (Dk).

Check Also

Urun Rembug Desa: Success Story Kegiatan Desa

Urun Rembug Desa merupakan kegiatan yang diadakan atas kerjasama Uni Eropa, Search for Common Ground …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *