Home / Aktivitas / WWViews tentang Iklim dan Energi

WWViews tentang Iklim dan Energi

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

IMG-20150606-WA0009

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

World Wide Views (WWViews) tentang Iklim dan Energi merupakan diskusi publik secara global, yang menghimpun pandangan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim dan memanfatkan transisi energi kemudian membawanya kepada para penentu kebijakan. Proyek ini dikoordinasikan oleh Danish Board of Technology yang bekerjasama dengan Missions Publiques dan French National Commission for Public Debate dan dilaksanakan oleh mitra-mitra yang sudah ada dan yang baru di World Wide Views Alliance.

WWViews tentang Iklim dan Energi diadakan di 106 lokasi di 80 negara. Semua Negara yang berpartisipasi mengadakan WWViews menggunakan metode yang sama untuk menciptakan hasil yang jelas dan dapat dibandingkan. Sebelumnya Indonesia telah berpartisipasi dalam proyek WWViews tentang Perubahan Iklim (2009) dan WWViews tentang Biodiversitas (2012). Tahun ini, Indonesia berpatisipasi kembali dalam WWViews tentang Iklim dan Energi untuk menyuarakan pendapat warga negara mengenai isu perubahan iklim dan transisi energi dalam forum internasional. WWViews tentang Iklm dan Energi di Indonesia dilaksanakan oleh Yayasan PEKA Indonesia.

World Wide Views tentang Iklim dan Energi di Indonesia telah diadakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2015, pada pukul 09.00-17.00 WIB di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta. Waktu tersebut adalah waktu yang telah disepakati oleh negara-negara peserta acara ini. Sebanyak 100 warga negara berpartisipasi dalam acara ini. Peserta terdiri atas 43% wanita dan 57% pria. Mereka berasal dari berbagai macam daerah antara lain Jakarta dan sekitarnya, Kepulauan Seribu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimanatan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Sumatera Utara. Peserta memiliki pekerjaan yang beranekaragam, seperti nelayan, petani, pekerja kantor, ibu rumah tangga, guru, mahasiswa, pengamen, pemulung, dan pensiunan. Seluruh peserta berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki latar belakang pendidikan dan suku yang juga beranekaragam.

Acara utama dari WWVews ini adalah sesi diskusi dan menjawab pertanyaan dalam topic Iklim dan Energi. Sesi diskusi terbagi ke dalam 5 tema. Tema-tema tersebut adalah: 1. Pentingnya mengatasi perubahan iklim 2. Upaya-upaya dalam mengatasi perubahan iklim 3. Negosiasi PBB dan komitmen negara-negara 4. Keadilan dan distribusi dalam melakukan upaya 5. Membuat dan memenuhi janji-janji tentang perubahan iklim. Pada masing-masing tema terdapat lima sampai delapan pertanyaan untuk didiskusikan. Peserta sangat antusias dalam menjawab pertanyaan yang didiskusikan. Masing-masing memberikan jawaban sesuai dengan pandangannya.

Hasil WWViews tentang Iklim dan Energi di Indonesia telah disampaikan dan didiskusikan dengan penasihat senior di Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan Bp. Arief Yuwono pada tanggal 16 Juni 2015. Selain itu, hasil ini juga digunakan sebagaisatu masukan bagi delegasi Indonesia untuk COP 21 di Perancis pada bulan Desember 2015 yang lalu (Dk).

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA – Pameran Koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu TMII

Dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia Museum Serangga dan Taman Kupu TMII menyelenggarakan Pameran Koleksi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *