Home / Aktivitas / MCA-I Program / Listrik untuk Kecamatan Biduk-biduk dan Batu Putih

Listrik untuk Kecamatan Biduk-biduk dan Batu Putih

Diawali dengan ide membuat tenaga listrik untuk Kampung Biduk-biduk dimana proyek TFCA PEKA sedang berlangsung, di akhir tahun 2015 Yayasan PEKA Indonesia mengajukan proposal untuk Hibah Proyek Kemakmuran Hijau Jendela 2 (Hibah Pengelolaan SDA berbasis msyarakat) di bawah naungan Compact Indonesia dengan Millennium Challenge Corporation (MCC) dan Millennium Challenge Account – Indonesia (MCA-Indonesia). Setelah melalui tahapan proses seleksi yang cukup panjang. Akhirnya pada bulan Juni 2016, Yayasan PEKA Indonesia berkonsorsium dengan Yayasan Penyu Berau dan Lamin Segawi diumumkan sebagai penerima hibah (Grantee) dan menandatangani surat perjanjian hibah di kantor MCA-I Jakarta.

Latar belakang dari proyek ini adalah adanya kebutuhan lapangan kerja baru bagi masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya. Terbatasnya ketersediaan listrik dipandang membatasi produktivitas masyarakat dan menjadi faktor penghambat berkembangnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Sehingga judul yang diusung adalah “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dan Energi Terbarukan Secara Berkelanjutan Bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat 2 Kampung Di Kawasan Bentang Alam Karst Di Kecamatan Batu Putih Dan Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau”. Energi terbarukan yang digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai pendukung bagi kegiatan industri usaha kecil masyarakat di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk.

Proyek yang hanya 18 bulan ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan bakar fosil melalui pemanfaatan tenaga surya sebagai sumber energi terbarukan bagi pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan berbasis masyarakat serta meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat. Diharapkan setelah Proyek ini selesai, masyarakat di lokasi proyek dapat merasakan dampaknya baik dari segi sosial dengan keberadaan listrik dari tenaga surya dan dari segi ekonomis dengan peningkatan produktivitas dan pendapatan.

Proyek dimulai pada bulan Juli 2016 dan akan berakhir pada bulan Desember 2017. Berbagai rencana mengenai detil pelaksanaan Proyek telah disusun oleh tim Proyek yang anggotanya terdiri dari Yayasan PEKA Indonesia, YPB dan Lamin Segawi. Semoga dampak baik dari Proyek ini dapat dirasakan oleh masyarakat di Batu Putih dan Biduk-biduk (Dk).

Check Also

Buletin Biduk Putih #1

Berikut adalah Buletin kegiatan program yang dilaksanakan oleh konsorsium Yayasan PEKA Indonesia, Yayasan Lamin Segawi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *