Home / Aktivitas / Pendidikan Lingkungan / Kembali ke Museum Serangga TMII

Kembali ke Museum Serangga TMII

Yayasan PEKA Indonesia bersama dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia dan Jurusan Proteksi Tanaman IPB mengisi pojok tematik di dalam Museum Serangga di Taman Mini Indonesia Indah dalam rangka ulang tahun museum pada tanggal 20 April 2018. Kerjasama dengan museum serangga ini bukanlah yang pertama bagi Yayasan PEKA Indonesia. Pada tahun 2006, PEKA Indonesia bekerjasama dengan Museum ini untuk memberikan pendidikan lingkungan dan teknik koleksi serangga dan ikan air tawar kepada beberapa sekolah dari Bogor dan Jakarta. Kerjasama yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun dan sempat terhenti lama itupun kini kembali dibangun di tahun 2018. 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan awal yang dilakukan adalah menata satu bagian/pojok di Museum serangga dengan memsukkan informasi mengenai manfaat serangga dalam bidang pertanian. Selain itu disediakan juga photo booth yang dapat digunakan oleh pengunjung museum serangga untuk berfoto ala petani dengan memanfaatkan properti yang tersedia. Dengan adanya pojok ini, pengunjung tidak hanya melihat koleksi awetan serangga namun juga mendapat informasi mengenai peran serangga dalam bidang pertanian. 

Beberapa rencana kegiatan telah disusun dalam kerjasama ini. Kegiatan ini sejalan dengan misi Yayasan PEKA Indonesia yaitu berperan dalam pendidikan lingkungan bagi masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pembelajaran ilmu serangga kepada masyarakat umum (Dk).

Check Also

Pojok Tematik 2 di TMII: Edible Insect

Dalam 10 tahun terakhir, di negara negara benua eropa dan amerika mulai diperkenalkan makanan olahan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *