Home / Aktivitas / Pendidikan Lingkungan / Pelatihan Pengelolaan Hama Gudang

Pelatihan Pengelolaan Hama Gudang

Pelatihan yang diselenggarakan oleh SEAMEO BIOTROP pada tanggal 27-29 Agustus 2018 yang lalu ini bertajuk “Pelatihan Pengelolaan Hama Gudang melalui Fumigasi Yang Baik dan Benar”. Pelatihan ini diikuti oleh berbagai lembaga penelitian, lembaga pemerintahan, universitas maupun perusahaan swasta yang concern terhadap pengelolaan hama gudang baik di gudang penyimpanan bahan makanan, koleksi maupun buku di perpustakaan. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang pelatihan SEAMEO BIOTROP Bogor, Jl. Raya Tajur Km. 6. Informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan pelatihan ini dapat diikuti di website 

Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang penelitian serangga dan turut aktif dalam kegiatan museum serangga, Yayasan PEKA Indonesia mengirimkan perwakilan staff untuk mengikuti pelatihan ini. Dalam pelatihan ini, setidaknya ada 4 pengetahuan penting mengenai pengelolaan hama di gudang, yaitu:
1. Pengenalan Hama Gudang

2. Pengelolaan Hama Gudang Terpadu

3. Pengelolaan Hama dalam Simpanan Arsip dan Museum

4. Fumigasi yang baik dan benar

Pelatihan ini juga dilengkapi dengan praktikum fumigasi yang baik dan benar dan  pengenalan alat aplikasi dalam pengelolaan hama secara umum. 

Dalam pengelolaan hama gudang, yang utama adalah tindakan sanitasi gudang dan monitoring. Kedua hal ini termasuk dalam tindakan pencegahan. Pengaturan suhu dan penggunaan perangkap merupakan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan hama dalam simpanan. Apabila semua tindakan pencegahan dan pengendalian dengan suhu dan perangkap tidak berhasil, tindakan fumigasi merupakan pilihan. Namun, harus memperhatikan keselamatan bagi petugas dan orang orang disekitarnya. 

Dalam mengelola arsip di perpustakaan maupun koleksi awetan di museum, tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga temperatur ruangan pada 15 derajat Celcius dan menjaga kebersihan ruangan penyimpanan. Hal ini dapat menjaga koleksi dan arsip dari serangan hama dan cendawan (Dk).

Check Also

Pojok Tematik 2 di TMII: Edible Insect

Dalam 10 tahun terakhir, di negara negara benua eropa dan amerika mulai diperkenalkan makanan olahan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *