Home / Aktivitas / Pojok Tematik 2 di TMII: Edible Insect

Pojok Tematik 2 di TMII: Edible Insect

Dalam 10 tahun terakhir, di negara negara benua eropa dan amerika mulai diperkenalkan makanan olahan berbahan baku serangga. Dari hasil penelitan dan berbagai macam uji coba yang dilakukan, diyakini bahwa serangga merupakan sumber protein yang potensial di masa depan. Saat ini, mengkonsumsi serangga menjadi trend yang sedang berkembang di Eropa dan Amerika. Beberapa restoran mulai menyajikan makanan dan snack dari serangga. Industri olahan makanan juga mulai memperkenalkan tepung serangga sebagai bahan tambahan dalam pembuatan aneka jenis makanan. Di Italy, campuran tepung jangkrik dan tepung gandum sedang populer digunakan dalam membuat pizza dan spageti. Tepung jangkrik ditambahkan guna memberikan nutrisi yaitu protein sehingga kandungan protein di dalam pizza maupun spageti menjadi bertambah.

Di negara negara tropis termasuk Indonesia, mengkonsumsi serangga telah manjadi budaya masyarakat sejak bertahun tahun yang lalu. Di beberapa negara seperti Cina, Jepang dan Thailand banyak sekali menu makanan serangga yang digemari masyarakat dan masih dikonsumsi  sampai saat ini. 

Display Pameran Tematik 2

Di Indonesia sendiri, menu makanan serangga menjadi identitas suatu daerah. Sebut saja rempeyek laron di Jawa Timur, belalang goreng di daerah Yogyakarta dan ulat jati di Grobogan serta ulat sagu yang hingga kini masih digemari masyarakat di Indonesia bagian timur dan Pulau Sumatera.

Dalam rangka memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait potensi serangga sebagai sumber protein dan potensi pangan di masa depan, Museum Serangga – Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, TMII bekerja sama dengan Yayasan Peduli Konservasi Alam (PEKA) Indonesia, (Institute Pertanian Bogor) IPB dan Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI)  menyelenggarakan pameran tematik dengan tema “Edible Insect (Serangga yang Dapat Dikonsumsi)”. Dalam kegiatan ini, tim dibantu oleh rekan² mahasiswa EntomologyClub IPB dan komunitas BeeYouth menampilkan poster infografik terkait tema serta menyajikan display beberapa olahan makanan yang berbahan baku serangga. Kegiatan ini juga turut diramaikan oleh CriquetFood, sebuah start up bisnis yang mengembangkan makan olahan jenis cake dan crackers berbahan dasar tepung jangkrik dan beberapa makanan ringan berbahan baku serangga lainnya. Diharapkan, tema yang diusung dalam tematik 2 ini dapat menjadi wawasan bagi masyarakat dan menambah minat dan ketertarikan masyarakat terhadap serangga (DkDk).

Check Also

Open Recruitment Duta Dunia Serangga TMII

OPEN RECRUITMENT Duta Dunia Serangga 🐞🦋🐜 🔊Hallo teman-teman! Saat yang ditunggu-tunggu buat kamu yang mau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *