Home / Aktivitas / Training Duta Dunia Serangga 1 – Entomology

Training Duta Dunia Serangga 1 – Entomology

“Insect is a perfect entry point to talk about everything.” Kalimat tersebut adalah salah satu kalimat yang menjadi pesan penting dalam Training Duta Dunia Serangga 1 tentang Ilmu Serangga atau dalam istilahnya biasa disebut Entomology yang diselenggarakan di Ruang Audio Visual, Dunia Serangga Taman Mini Indonesia Indah pada hari Minggu, tanggal 16 Desember 2018 ini. Training ini sebagai pembekalan awal bagi Duta Dunia Serangga sebelum melaksanakan tugas sebaagai Duta Dunia Serangga khususnya di Dunia Serangga TMII. Materi disampaikan oleh Profesor Damayanti Buchori dari Perhimpunan Entomologi Indonesia.

Profesor Damayanti membawakan materi Entomology

Materi yang disampaikan selama kurang lebih 2 jam ini disampaikan dalam suasana santai dan kekeluargaan. Para Duta juga berkesempatan menyaksikan beberapa video mengenai perilaku serangga antara lain Dung Beetle (Kumbang Kowan) dan siklus hidup parasitoid. Dalam momen ini, ada banyak motivasi dan semangat yang diberikan oleh Profesor pada Para Duta untuk terus semangat memberitakan mengenai Dunia Serangga pada banyak orang.

Para Duta mengikuti kegiatan dengan antusias dan memanfaatkan kesempatan untuk dapat berdiskusi tentang serangga dalam kehidupan sehari hari dan menyampaikan ide untuk program DDS berikutnya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan diskusi mengenai topik tematik 3 yang sekaligus sebagai tugas pertama bagi para Duta. Para Duta yang berasal dari berbagai macam latar belakang dan memiliki kelebihan masing masing berkesempatan untuk menampilkan ide dan karyanya dalam ruang tematik yang tersedia di Museum. Dalam kegiatan ini, setidaknya ada 6 ide menarik yang ditangkap oleh Yayasan PEKA Indonesia dan menunggu untuk di laksanakan.

Pemberian souvenir oleh Bp Lilik Kundar Setiadi, Kasie Museum Serangga TMII kepada Profesor Damayanti

Kegiatan yang diselenggarakan oleh kerjasama antara Dunia Serangga TMII, Yayasan PEKA Indonesia dan PEI serta dilaksanakan oleh Ento Club dan Bee youth ini merupakan kegiatan terakhir dalam tahun 2018 ini. Kegiatan akan dilanjutkan dengan training berikutnya yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Januari tahun berikutnya. PEKA Indonesia sangat optimis bahwa Para Duta akan dapat memberikan warna yang berbeda dan ide ide segar dalam usaha mengedukasi masyarakat tentang pentingnya serangga bagi kehidupan manusia (Dk).

Check Also

Training Duta Dunia Serangga 2 – Public Speaking

Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membagikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *