Home / Aktivitas / Training Duta Dunia Serangga 2 – Public Speaking

Training Duta Dunia Serangga 2 – Public Speaking

Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membagikan informasi kepada orang lain. Awal tahun 2019, duta dunia serangga kembali mengikuti training keduanya tentang Public Speaking yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2019, di Ruang Audio Visual, Museum Serangga Taman Mini Indonesia Indah.

Training ini dilaksanakan untuk membekali para duta dengan kemampuan dalam penyampaian informasi dan teknik presentasi sebelum melaksanakan tugas mereka sebagai interpreter di museum serangga Dunia Serangga TMII. Materi disampaikan oleh Bapak Nasrudin Salim dari Minimax Inc.

Bapak Nursalim memberikan materi Public Speaking

Materi ini disampaikan secara ringan dan santai selama kurang lebih selama 1.5 jam. Pada saat penyampaian materi mereka diberikan kesempatan untuk menyampaikan pengalaman pribadi mereka dalam menyampaikan informasi kepada orang lain.

Duta Dunia Serangga membagikan pengalaman mereka dalam menyampaikan informasi

Duta dunia serangga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak hanya dibekali dengan cara berbicara di depan orang lain melainkan mereka juga dibekali teknik penyampaian informasi seperti intonasi vocal dan mengatur pernafasan. Selain itu, mereka dibagi kelompok untuk brainstorming dan menyatukan ide-ide kreatif mereka dalam sebuah presentasi. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama dan diskusi tentang ide-ide mereka terhadap museum serangga.

Duta Dunia Serangga sedang berdiskusi untuk mempersiapkan presentasi kelompok

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kerjasama antara Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Yayasan PEKA Indonesia, dan Perhimpunan Entomology Indonesia (PEI), serta dilaksanakan oleh Entomology Club IPB dan Bee Youth. Untuk kedepannya Duta Dunia Serangga ini akan dipersiapkan untuk menjadi ikon dan wadah informasi mengenai dunia serangga di Museum Serangga Taman Mini Indonesia Indah. PEKA Indonesia sangat yakin melalui kreatifitas dan ide-ide dari Duta Dunia Serangga dapat memberikan banyak pengetahuan kepada masyarakat tentang serangga (DOP).

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA – LOMBA MEWARNAI HUT TMII KE-44

Memperingati ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-44, Yayasan PEKA Indonesia bersama Taman Mini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *