Home / Aktivitas / Pengembangan Masyarakat / KEGIATAN KAJIAN DESA BERSAMA KELOMPOK BANK SAMPAH DI KECAMATAN BOJONG GEDE

KEGIATAN KAJIAN DESA BERSAMA KELOMPOK BANK SAMPAH DI KECAMATAN BOJONG GEDE

Kegiatan  kajian desa ini dilaksanakan selama 3 hari di dua desa di kecamatan Bojong Gede yaitu desa Kedung Waringin dan Desa Bojong Gede. Kegiatan ini dihadiri oleh kelompok bank sampah dari perwakilan desa di kecamatan Bojong Gede. Rangkaian kegiatan di hari pertama adalah pelatihan PRA (Participatory Rural Appraisal) yang dihadiri oleh kelompok bank sampah. Dalam kegiatan ini antusiasme yang tinggi diperlihatkan oleh kelompok bank sampah, karena hal tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap permasalahan lingkungan di desanya.

Diskusi kelompok untuk menggali potensi desa dalam pelatihan PRA

Kegiatan di hari kedua adalah penyusunan usulan-usulan dari kelompok bank sampah untuk disampaikan kepada pemerintah desa dalam penyelesaian permasalahan lingkungan. Dalam kegiatan ini, kelompok bank sampah bersemangat dalam mengikutinya , karena mereka bisa memberikan ide-ide mereka dalam penyelesaian masalah lingkungan dan pengembangan potensi desa. Ide yang mereka berikan sangat menarik mulai dari pemberian sanksi sosial bagi orang yang melanggar peraturan lingkungan hingga pemberian payung hukum untuk permasalahan lingkungan.

Diskusi untuk pembuatan usulan masyarakat yang akan disampaikan kepada perangkat desa

Kegiatan di hari terakhir adalah FGD (Forum Group Discussion). Tujuan dari kegiatan ini adalah triangulasi dari hasil PRA dari kelompok kepada perangkat desa. Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat desa yang di wakili oleh, Sekdes, BPD, dan Bumdes. Pemerintah desa disini memberikan materi mengenai fokus utama dalam pembangunan desa. Setelah pemberian materi oleh perangkat desa, diberikan sesi diskusi antara kelompok bank sampah dan perangkat desa terkait usulan-usulan yang telah mereka diskusikan sebelumnya. Perangkat desa menunjukkan antusiasmenya dalam sesi diskusi, karena mereka sangat senang terhadap kepedulian masyarakat terhadap masalah lingkungan di desa.

Penyampaian materi oleh perangkat desa yang diwakili oleh Sekertaris Desa

Hasil diskusi antara kelompok bank sampah dan perangkat desa merumuskan beberapa usulan yaitu, adanya usulan alokasi dana desa untuk pembinaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, kemudian pembuatan TPS3R di masing-masing desa, dan perumusan peraturan desa sebagai payung hukum dalam pengelolaan lingkungan di masing-masing desa.

Kegiatan ini merupakan langkah awal kerja sama antara Yayasan PEKA Indonesia yang berjejaring dengan LBH APIK Jakarta dan Paralegal Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Kecamatan Bojong Gede dengan pendanaan dari Search for Common Ground.

Check Also

Workshop Tata Kelola Kawasan Hutan Lestari

Di penghujung tahun 2016, PEKA Indonesia mengadakan Workshop Tata Kelola Kawasan Hutan Lestari 3 Desa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *