Home / Aktivitas / Talkshow Wabah Demam Berdarah

Talkshow Wabah Demam Berdarah

Wabah demam berdarah merupakan salah satu wabah penyakit yang sering menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat terutama pada musim penghujan. Karena penyakit ini berpotensi menyebabkan kematian apabila terlambat ditangani. Menurut Depkes RI (2005), penyakit ini disebarkan oleh nyamuk betina Aides Aigepty dan Aides Albopictus. Guna memberikan informasi yang benar mengenai peran serangga vector dalam penyebaran penyakit ini, Museum Serangga TMII bersama dengan yayasan PEKA Indonesia, PEI, Entomology Club IPB dan Duta Dunia Serangga mengadakan talkshow terbuka pada bulan Februari 2019. Dalam talkshow ini diulas mengenai  penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan diselenggarakan di Ruang Audio Visual Museum Serangga TMII. Narasumber kegiatan ini adalah Bapak Nadzirum Mubin S.P. M.Si yang merupakan Dosen bidang Entomology, Departemen Proteksi Tanaman, Institut Pertanian Bogor.

Pemberian materi teknologi pencegahan wabah demam berdarah oleh Bapak Nadzir

Materi disampaikan secara ringan dan santai selama kurang lebih 1.5 jam. Setelah penyampaian materi para pengunjung diberikan kesempatan dalam sesi tanya jawab untuk mengetahui fakta tentang nyamuk demam berdarah dan cara-cara pencegahannya. Selain itu, juga ditampilkan video tentang nyamuk dan teknologi terbaru pencegahan wabah demam berdarah. Kegiatan ini dihadiri oleh pengunjung yang antusias untuk informasi terbaru tentang fakta-fakta nyamuk dan teknologi terbaru dalam pencegahan wabah demam berdarah. Selain itu, beberapa pengunjung yang membawa putra dan putrinya tertarik dengan video yang diputar tentang fakta-fakta unik tentang nyamuk.

Sesi tanya jawab oleh pengunjung dengan Bapak Nadzir

Kegiatan ini diselenggarakan oleh kerjasama antara Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Yayasan PEKA Indonesia, dan Perhimpunan Entomology Indonesia (PEI), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta dilaksanakan oleh Entomology Club IPB dan Duta Dunia Serangga TMII. Bagi Duta Dunia Serangga, kegiatan ini merupakan tugas pertama  Duta Dunia Serangga. Direncanakan, Duta Dunia Serangga akan membuat serangkaian kegiatan menarik dengan ide-ide kreatifnya (DOP).

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA – LOMBA MEWARNAI HUT TMII KE-44

Memperingati ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah yang ke-44, Yayasan PEKA Indonesia bersama Taman Mini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *