Home / Aktivitas / DUTA DUNIA SERANGGA – Pameran Koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu TMII

DUTA DUNIA SERANGGA – Pameran Koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu TMII

Dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia Museum Serangga dan Taman Kupu TMII menyelenggarakan Pameran Koleksi. Hari Museum serangga diperingati setiap tanggal 12 Oktober sejak tahun 2015 sesuai dengan penyelengaraan musyawarah museum se-Indonesia pertama yang digelar pada tanggal 12 hingga 14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah resolusi yang memiliki nilai penting untuk memajukan museum Indonesia. Pendeklarasian Hari Museum Indonesia dilakukan di Malang pada 26 Mei 2015, bertepatan dengan kegiatan tahunan Pertemuan Nasional Museum.

Berdasarkan data dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, hingga saat ini Indonesia memiliki 435 museum yang tersebar di berbagai daerah. Namun, museum masih belum begitu digemari sebagaimana destinasi wisata lainnya. Itu dikarenakan  museum dianggap tidak menarik, membosankan, dan kuno. Setiap tahunnya, Hari Museum Indonesia dirayakan melalui berbagai kegiatan dan tema yang berbeda. Pada tahun 2019 ini, perayaan Hari Museum Indonesia mengambil tema “Museum Menyatukan Keberagaman”. Puncak peringatan Hari Museum Indonesia tahun 2019 digelar di Jakarta, tepatnya di Taman Fatahillah, Kota Tua, pada tanggal 7-13 Oktober 2019. Acara tersebut diramaikan oleh berbagai kegiatan menarik, seperti pameran, Festival Museum Enjoy Jakarta, aksi Mural Art, seminar, aneka permainan dan seni pertunjukan tradisional, festival komunitas, dan masih banyak aneka kegiatan menarik dan unik lainnya.

Dalam acara peringatan Hari Museum Indonesia kali ini, Museum Serangga dan Taman Kupu TMII (MSTK TMII) memperagakan atau mempamerkan koleksi serangga yang dimiliki, baik serangga awetan (insectarium) maupun serangga yang hidup. Koleksi serangga awetan (insectarium) yang dipamerkan diantaranya ada kupu-kupu dilindungi dan langka, keanekaragaman serangga, serangga unik, dan peranan serangga dalam kehidupan. Sedangkan serangga hidup yang dipamerkan diantaranya ada serangga ranting dan serangga daun, mantis hantu, mantis permata, mantis raksasa, dan lebah tak bersengat (Trigona sp).

Antusias para pengunjung di acara peringatan Hari Museum Indonesia ini sangat tinggi, begitupun stand Museum Serangga dan Taman Kupu TMII yang banyak dikunjungi para pengunjung dari berbagai kalangan terutama dari kalangan para pelajar yang begitu antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang serangga. Duta dunia serangga turut serta menjaga stand Museum Serangga dan Taman Kupu TMII dan memberikan informasi terkait koleksi berbagai serangga yang dipamerkan, baik jenis-jenisnya, habitatnya, serta keunikannya kepada para pengunjung yang mengunjungi stand Museum Serangga dan Taman Kupu TMII. (Ut)

Check Also

Urun Rembug Desa: Success Story Kegiatan Desa

Urun Rembug Desa merupakan kegiatan yang diadakan atas kerjasama Uni Eropa, Search for Common Ground …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *