Home / Artikel / Mengenal Kupu Kupu Beracun (2)

Mengenal Kupu Kupu Beracun (2)

Untuk melindungi diri, beberapa kupu kupu diketahui menghasilkan zat beracun. Beberapa kupu kupu tersebut adalah:

Kupu-kupu harimau biasa / The plain tiger (Danaus chrysippus)

Kupu-kupu ini memiliki ukuran sedang dan memiliki pola warna sayap oranye dengan kombinasi hitam dan  bercak putih. Kupu-kupu ini dijadikan tiruan (model) oleh kupu-kupu jenis lain yang menirunya (mimikri) sebagai upaya perlindungan diri agar dikira kupu-kupu beracun oleh predator, salah satu jenis kupu-kupu yang meniru kupu-kupu ini adalah kupu-kupu (Hypolimnas misippus) betina.

Penyebaran kupu-kupu ini di indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Nusa tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Habitat kupu-kupu ini berada pada daerah yang gersang dan terbuka serta perkebunan pada ketinggian 900 mdpl. Kupu-kupu ini termasuk jenis yang beracun bagi predator, racun yang dimilikinya berasal saat kupu-kupu ini masih dalam tahap ulat (larva) yang memakan tanaman inang atau pakannya yang mengandung senyawa beracun yakni salah satunya (Asclepias sp)dikenal pula dengan sebutan(milkweed)yang memiliki senyawa cardenolide.

Kupu-kupu penjelajah malaya / The Malay lacewing (Cethosia hypsea)

Kupu-kupu ini memiliki ukuran sedang dan memiliki pola warna sayap merah oranye dengan kombinasi hitam disertai bercak putih serta memiliki keunikan bentuk tepi sayap yang bergerigi seperti gergaji. Kupu-kupu ini dijadikan tiruan (model) oleh kupu-kupu jenis lain yang menirunya (mimikri) sebagai upaya perlindungan diri agar dikira kupu-kupu beracun oleh predator, salah satu jenis kupu-kupu yang meniru kupu-kupu ini adalah kupu-kupu (Elymnias hypermnestra) betina. Penyebaran kupu-kupu ini di indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Nusa tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Habitat kupu-kupu ini berada pada dataran rendah dan terbuka serta perkebunan.

Kupu-kupu ini termasuk jenis yang beracun bagi predator, racun yang dimilikinya berasal saat kupu-kupu ini masih dalam tahap ulat (larva) yang memakan tanaman inang atau pakannya yang mengandung senyawa beracun yakni (Adenia sp). Racun pada keempat jenis kupu-kupu ini akan bereaksi ketika termakan oleh predator, efek racun yang bereaksi termasuk ringan, yakni saat predator memakannya akan terasa rasa tidak enak pada mulutnya dan bila tertelan kemungkinan predator tersebut dapat kehilangan kesadaran. Biasanya, predator sudah mengenali tanda-tanda bahaya racun pada jenis kupu-kupu dari pola warna sayapnya yang mencolok seperti warna hitam berpadu merah atau kuning yang cerah. Pola warna mencolok seakan memberikan sinyal kepada para predator bahwa kupu-kupu tidak enak untuk dimakan atau beracun. Tanda peringatan antipemangsa kepada pemangsa oleh mangsa dengan warna atau tanda yang lain seperti pada kupu-kupu ini dikenal sebagai aposematisme (Ut)

Check Also

Mengenal Kupu Kupu Beracun (1)

Kupu-kupu merupakan serangga dari Ordo Lepidoptera yang banyak disukai karena memiliki sayap mempesona nan elok, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *