Home / Pendidikan Lingkungan

Pendidikan Lingkungan

Pendidikan Lingkungan merupakan salah satu metode pendidikan yang mentitik beratkan pada proses-proses hubungan antara manusia dengan alam lingkungannya. Berpijak dari fondasi yang sama, pendidikan lingkungan mempunyai tujuan yaitu untuk membantu kelompok-kelompok sosial masyarakat dan individu untuk mengembangkan sebuah kesadaran, sensitifitas, perilaku, dan sebuahketrampilan dalam memetakan dan  mengembangkan solusi bagi permasalahan atau isu lingkungan.

Dalam mengembangkan program pendidikan lingkungan, Peka Indonesia mencoba mengembangkan berbagai konsep pendidikan lingkungan yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan lokal. Dengan berfokus pada siswa-siwa sekolah dasar dan menengah diharapkan pemahaman tentang manusia dan lingkungan dapat terinternalisasi sejak dini sehingga siswa-siswa ini mempunyai landasan yang kuat dalam mengembangkan pola pikir dan perilaku yang seimbang. Keseimbangan ini dapat diartikan dalam konteks pemanfaatan berbagai jenis layanan lingkungan secara arif dan upaya-upaya  pelestarian dan menjaga integritasnya.

Pengembangan pendidikan lingkungan dilakukan dengan menerapkan proses-proses fasilitasi/pendampingan secara rutin pada sekolah-sekolah dan siswa-siswa secara langsung. Guna memperkuat ”gerakan” pendidikan lingkungan bagi sekolah-sekolah ini Peka Indonesia secara lebih lanjut  mengembangkan sebuah jaringan antar sekolah, guru, dan siswa sebagai wadah untuk mengembangkan sebuah proses interaksi antar sekolah baik yang berlokasi di daerah perkotaan maupun di daerah.

Semenjak tahun 2002 sampai dengan saat ini Peka Indonesia telah memfasilitasi progam-program pendidikan lingkungan di daerah perkotaan di  wilayah Jakarta, Bogor dan Sekitarnya serta di daerah rural di wilayah sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selama kurun waktu tahun 2007, kegiatan-kegiatan dalam pendidikan lingkungan difokuskan pada penguatan jaringan antar sekolah, pengkayaan materi-materi pendidikan lingkungan serta penguatan kapasitas fasilitator dan metodologi dalam pengembangan pendidikan lingkungan.

Secara kelembagaan, Peka Indonesia juga mengembangkan berbagai kerjasama dan jaringan dengan berbagai stakeholder yang mempunyai kesamaan pandang dan komitmen dalam pengembangan pendidikan lingkungan khususnya di Indonesia. Berbagai kerjasama ini telah banyak dikembangkan  dalam bentuk penguatan jaringan pendidikan lingkungan, pengembangan modul-modul pendidikan secara bersama, workshop dan pelatihan bagi  fasilitator dan kader-kader pendidikan lingkungan dan lain-lainnya.