Home / Pengembangan Masyarakat

Pengembangan Masyarakat

Selama hampir kurang lebih 5 tahun Peka Indonesia mengembangkan program pengembangan masyarakat yang dikhususkan bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rural yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi alam. Selama kurun waktu tersebut Peka Indonesia telah  memfokuskan diri untuk memfasilitasi komunitas masyarakat yang bertempat tinggal di dan sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sebagian besar dari masyarakat yang berada di sekitar kawasan TNGHS ini menggantungkan penghidupannya dari sektor pertanian dan pemanfaatan berbagai jenis sumberdaya alam yang berasal dari kawasan hutan Taman Nasional.Tantangan yang muncul dalam konteks sosial dan integritas kawasan ialah bagaimana mensinergikan upaya-upaya pengembangan masyarakat dengan pelestarian kawasan hutan / TNGHS. Dua pilar penting inilah yang menjadi fokus kerja Peka Indonesia dalam memfasilitasi masyarakat di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Selama tahun  2007, upaya-upaya yang dilakukan dalam konteks pengembangan masyarakat ialah penguatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan jaringan masyarakat hutan koridor, penguatan penanganan isu-isu pertanian, perekonomian masyarakat, dan keterlibatan masyarakat dalam upaya-upaya pengelolaan sumberdaya alam dan pelestarian hutan.