Home / Profil Lembaga

Profil Lembaga

PEDULI KONSERVASI ALAM INDONESIA (PEKA INDONESIA)

Yayasan Peduli Konservasi Alam Indonesia (PEKA Indonesia) didirikan pada Tanggal 25 Agustus 2000 di Kota Bogor, Jawa Barat – Indonesia. Program utama yang dibangun adalah penelitian, pendidikan konservasi, dan pengembangan masyarakat serta mempromosikan konsep ”Ecosystem Health” (kesehatan ekosistem) di Indonesia. Pada awal pendirian, kami merupakan bagian dari Wildlife Trust Alliance (yang berbasis di New York, USA), yang terdiri 16 anggota aliansi yang tersebar di 16 negara di seluruh dunia. Semua anggota aliansi tersebut juga memiliki fokus kegiatan pada penelitian konservasi keanekaragaman hayati, pendidikan lingkungan, dan pengembangan jaringan.

Program-program yang kami tumbuh kembangkan menyentuh banyak aspek kehidupan dari masyarakat lokal hingga kebijakan, dari sains hingga kegiatan praktis di lapangan, dan dari tingkat genetik hingga tataran lansekap. Kami juga memahami kebutuhan ekonomi masyarakat dan juga perlunya upaya untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Penelitian dan program lain yang kami bangun diarahkan untuk menghasilkan rekomendasi atau teknologi yang dapat mendorong terciptanya pembangunan berkelanjutan.

Hingga tahun 2017 ini, kami telah menyelesaikan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan ecosystem health dan community building baik di lingkungan Kabupaten bogor maupun di beberapa wilayah lain di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan dan Timor Leste. Kami tetap bekerja dan berusaha demi kebaikan bagi lingkungan sekitar kita, bagi bumi kita dan bagi masyarakat Indonesia.

Salam Hangat,

Yayasan PEKA Indonesia