Home / Aktivitas / DUTA DUNIA SERANGGA : MEMBIMBING PENELITIAN MAHASISWA MAGANG DI MUSEUM SERANGGA DAN TAMAN KUPU TMII DI MASA PANDEMI Covid-19.

DUTA DUNIA SERANGGA : MEMBIMBING PENELITIAN MAHASISWA MAGANG DI MUSEUM SERANGGA DAN TAMAN KUPU TMII DI MASA PANDEMI Covid-19.

Mengenal teknik penyimpanan serangga dalam botol

Museum serangga & taman kupu TMII adalah salah satu lembaga yang berfokus pada serangga yang terletak di kawasan Taman mini indonesia indah (TMII). Museum serangga & taman kupu TMII menyediakan beberapa pelayanan publik yang berhubungan dengan serangga di indonesia. Diantara pelayanan publik tersebut adalah pembimbingan bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian serangga pada peraktik kerja lapang (magang) di Museum serangga dan taman kupu TMII. Meskipun masa pandemi Covid-19 ini masih terus berjalan, Museum serangga dan taman kupu TMII tetap memberikan pelayanan publik bagi para pelajar khususnya mahasiswa yang magang dengan tetap disertai protokol kesehatan yang ada.

Melakukan identifikasi serangga

Pada kesempatan kali ini, Duta dunia serangga diberi tugas oleh pimpinan Museum serangga TMII untuk membantu membimbing para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian serangga. Penelitian serangga ini dilakukan di laboratorium Museum serangga dan taman kupu TMII selama 2 bulan. Para mahasiswa tersebut diberi bimbingan oleh Duta dunia serangga untuk mengetahui berbagai macam cara penangkapan pada serangga, lalu kemudian dijelaskan pula mengenai anatomi, morfologi, taksonomi, dan ekologi serangga pada ekosistem kehidupan, serta cara-cara pengawetan pada serangga. Dalam mengidentifikasi serangga, para mahasiswa dibimbing oleh Duta dunia serangga untuk dapat mengenali ciri-ciri perbedaan dan persamaan morfologi pada setiap serangga yang ada, dimulai dari tingkat ordo, famili, genus hingga tingkat species untuk beberapa serangga dengan mengacu kepada beberapa buku reverensi serangga yang ada.

Membuat Koleksi Serangga Kering

Ketika penelitian serangga ini telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pengawetan serta pelabelan pada serangga yang kemudian setelah itu serangga akan ditaruh pada kotak penyimpanan specimen. Dalam proses ini Duta dunia serangga membimbing dan memberikan contoh kepada para mahasiswa bagaimana cara pengawetan, pelabelan dan penyimpanan specimen serangga yang baik dan benar dengan mengikuti standar prosedur yang ada. Selama kegiatan penelitian serangga ini berjalan, para mahasiswa merasa sangat terbantu denga adanya bimbingan yang diberikan oleh Duta dunia serangga yang dengan aktifnya telah menjelaskan berbagai macam teknik dalam penelitian serangga ini. (Ut)

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA : MEMANDU PENGUNJUNG MUSEUM SERANGGA DAN TAMAN KUPU TMII DI MASA PANDEMI Covid-19.

Disaat pandemi Covid-19 ini yang masih terus berlanjut, Museum serangga dan taman kupu TMII tetap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *