Home / Aktivitas / DUTA DUNIA SERANGGA (DDS) : EDUKASI LEBAH TANPA SENGAT, SERANGGA DAUN DAN SERANGGA RANTING DI MASA PANDEMI Covid-19

DUTA DUNIA SERANGGA (DDS) : EDUKASI LEBAH TANPA SENGAT, SERANGGA DAUN DAN SERANGGA RANTING DI MASA PANDEMI Covid-19

Memperkenalkan produksi madu oleh lebah tanpa sengat Trigona sp.

Meskipun pandemi Covid-19 ini belum juga berakhir, Museum serangga dan taman kupu TMII tetap menjalankan program edukasi mengenai serangga yang dilaksanakan pada setiap akhir pekan. Lebah tanpa sengat (Trigona sp.) serta serangga daun (Phyllium bioculatum) dan serangga ranting (Pharnacia sumatrana) merupakan objek edukasi serangga kali ini. Duta dunia serangga sebagaimana tugasnya untuk memandu para pengunjung ikut serta berperan aktif dalam program edukasi serangga ini dengan memberikan informasi mengenai lebah tanpa sengat serta serangga daun dan serangga ranting kepada para pengunjung.

Menunjukkan sarang lebah Trigona sp.

DDS memberikan informasi kepada pengunjung mengenai lebah tanpa sengat (Stingless bee) yang mana lebah ini adalah lebah yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil sekitar 1,8mm hingga 13,5mm serta berwarna hitam kegelapan. Dikarenakan tubuhnya berukuran kecil maka sengatnya pun berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat digunakan untuk menyengat, maka dari itu lebah tanpa sengat ini sangat mudah dan aman untuk dibudidayakan oleh manusia. Dalam kegiatan ini juga memperlihatkan sarang buatan lebah tanpa sengat kepada para pengunjung agar mereka mengetahui struktur yang terdapat didalam sarang buatan terebut, pengunjung pun terpukau akan keunikan struktur pada sarang buatan lebah tanpa sengat ini dimana didalamnya terdapat pundi-pundi telur dan kantung-kantung madu serta propolis yang dihasilkan lebah tanpa sengat. Lebah tanpa sengat memiliki keunggulan dibandingkan lebah madu hutan biasanya, yakni madu yang diproduksi lebah tanpa sengat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan hal itu dapat dibuktikan dengan rasa madunya yang masam seperti jeruk nipis namun tetap manis. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi lebah tanpa sengat juga menghasilkan “propolis” dan “royal jelly” yang dapat digunakan sebagai bahan herbal bagi kesehatan. Diakhir edukasi lebah tanpa sengat ini Duta dunia serangga mempersilakan pengunjung untuk mencicipi madu yang diproduksi oleh lebah tanpa sengat ini.

Mengenalkan serangga daun pada pengunjung

Selain lebah tanpa sengat, DDS juga memberikan informasi mengenai keunikan serangga daun dan serangga ranting kepada para pengunjung. Serangga daun dan serangga ranting termasuk kedalam ordo “phasmatodea” yakni serangga yang memiliki tubuh serupa dengan tanaman. Serangga daun memiliki keunikan bentuk tubuh yang persis menyerupai daun jambu yang mana bentuk tubuhnya itu dapat digunakan untuk menyamar dengan dedaunan agar terhindar dari pemangsanya (predator). Sedangkan keunikan serangga ranting tak kalah menarik, serangga ini pula memiliki tubuh menyerupai ranting tanaman yang fungsinya pun sama yakni untuk melindungi diri dari pemangsa. Serangga ranting memiliki keunikan lainnya yakni bisa bertelur meskipun tidak dibuahi oleh jantan, hal ini dikenal dengan istilah “parthenogenesis”. Selain itu serangga ranting juga memiliki kebiasaan ganjil yakni ketika kakinya (tungkai) terpegang oleh pemangsa maka serangga ranting akan memutuskan kakinya lalu kemudian melarikan diri dengan sisa kaki yang ada, bila serangga ranting masih dalam tahap serangga muda (nimfa) maka kaki baru akan segera tumbuh kembali menggantikan kaki yang telah putus. Para pengunjung sangat antusias memperhatikan penjelasan Duta dunia serangga mengenai serangga daun dan serangga ranting ini dan pada akhir edukasi DDS memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bisa merasakan bagaimana sensasi memegang serangga daun. (Ut)

Check Also

DUTA DUNIA SERANGGA : MEMBIMBING PENELITIAN MAHASISWA MAGANG DI MUSEUM SERANGGA DAN TAMAN KUPU TMII DI MASA PANDEMI Covid-19.

Mengenal teknik penyimpanan serangga dalam botol Museum serangga & taman kupu TMII adalah salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *