Home / Artikel / Kupu-kupu Harimau Kuning/Yellow Tiger Butterfly : Si Kanibal Cantik demi Percintaan dan Pertahanan Diri (2)

Kupu-kupu Harimau Kuning/Yellow Tiger Butterfly : Si Kanibal Cantik demi Percintaan dan Pertahanan Diri (2)

Dilansir dari The New York Times, penulis dari studi ini mengungkapkan bahwa mereka tidak menyadari adanya catatan mengenai perilaku serupa pada kupu-kupu ataupun serangga lainnya. Meski sebelumnya kupu-kupu diamati memakan belalang yang juga mengandung senyawa alkaloid beracun, tidak ada yang pernah mendokumentasikan kupu-kupu dewasa mencuri senyawa itu dari kerabatnya sendiri yakni ulat. Para ahli menyebut perilaku ini sebagai “kleptopharmacophagy” yakni pengambilan bahan kimia untuk konsumsi. Studi ini telah dipublikasikan pada jurnal Ecology dengan judul “Kleptopharmacophagy? Milkweed butterflies sctrach and imbibe from Apocynaceace-feeding caterpillars” pada 8 September 2021.

Dilansir dari Live Science, pada 9 Desember 2019, Yi-Kai Tea, mahasiswa pascasarjana University of Sydney dan Australian Museum Research Institute bersama Jonathan Wei Soong, seorang naturalis dari Singapura, melakukan perjalanan ke Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Sulawesi Utara. Mereka menemukan banyak sekali berbagi jenis kupu-kupu “milkweed” atau “Danainae” disini. Pada pengamatannya ini, Yi-Kai Tea dan Jonathan Wei Soong menemukan perilaku yang kejam pada beberapa kupu-kupu “milkweed” dewasa.

Beberapa jenis kupu-kupu “milkweed” dewasa diamati banyak menggaruk ulat di sepanjang hamparan vegetasi pantai yang membentang lebih dari 1.600 kaki (500 meter). Mereka melihat kupu-kupu “milkweed” dewasa secara aktif menghisap cairan tubuh dari ulat yang terluka selama berjam-jam dan terkadang berkumpul dalam kelompok spesies campuran. “Bahkan begitu asiknya kupu-kupu “milkweed” dewasa ini menghisap cairan tubuh sang ulat, sentuhan pengamat manusia pun tidak dapat mengalihkan perhatian mereka,” tulis para penulis penelitian ini.

Untuk menggambarkan perilaku tersebut, para peneliti menciptakan istilah “kleptopharmacophagy,” yang berarti mengkonsumsi bahan kimia curian. Namun, “Neologisme alternatif ‘kairopharmacophagy’ (memakan bahan kimia pertahanan dari ulat hidup yang terluka) atau ‘necropharmacophagy’ (memakan bahan kimia pertahanan dari ulat mati) mungkin juga sesuai untuk penyebutan perilaku ini,” kata para peneliti.

Selama tiga hari, para peneliti menghitung terdapat tujuh spesies kupu-kupu “milkweed” dewasa yang telah mengikis dan menghisap ulat hidup dan yang mati (tidak diketahui apakah ulat yang mati mabuk memakan tanaman “milkweed” sampai mati atau mati karena luka-luka tersebut). Satu penjelasan mengapa kupu-kupu “milkweed” dewasa menganggap ulat begitu lezat adalah karena senyawa alkaloid pada tanaman “milkweed” menumpuk di tubuh ulat dari daun “milkweed” yang mereka makan, sehingga membuat mereka menjadi “juice” internal yang lebih kuat dan kaya akan senyawa alkaloid beracun dan dengan demikian lebih menarik bagi kupu-kupu “milkweed” dewasa terutama pejantan yang haus, ungkap peneliti.

Menurut penelitian tersebut, kupu-kupu “milkweed” dewasa lebih tertarik pada daun “milkweed” yang telah rusak dimakan oleh ulat. Kemudian kupu-kupu “milkweed” dewasa akan menggaruk-garuk tubuh ulat-ulat itu, bila garukan tersebut melukai tubuh ulat maka ulat akan mengeluarkan cairan tubuhnya yang beraroma senyawa alkaloid memabukkan dan itu akan lebih menarik serta mendorong kupu-kupu “milkweed” dewasa untuk menggaruk ulat lebih banyak lagi lalu kemudian menghisap cairan tubuh sang ulat tersebut.

Pengamatan sederhana ini menimbulkan sebuah pertanyaan tentang ekologi kupu-kupu “milkweed” dan memberikan banyak peluang untuk penelitian di masa depan. Misalnya, perilaku yang tidak biasa dan mengerikan ini, senyawa tanaman apa yang menarik kupu-kupu ke ulat dan apakah kupu-kupu di belahan dunia lain juga mempraktikkan menghisap ulat? kata Yi-Kai Tea dalam sebuah pernyataan. Dalam pembahasan fenomena perilaku kupu-kupu “milkweed” yang kejam ini kita bisa ambil sebuah pelajaran, bahwa terkadang makhluk hidup akan mengorbankan makhluk hidup lainnya demi sebuah keuntungan pada dirinya sendiri, namun ini semua sudahlah menjadi sebuah ketetapan sang pencipta dalam menjaga keseimbangan alam. (Ut)

Check Also

Kupu-kupu Harimau Kuning/Yellow Tiger Butterfly : Si Cantik yang Kanibal demi Percintaan dan Pertahanan Diri (1)

Kupu-kupu merupakan salah satu jenis serangga yang memiliki sayap cantik nan mempesona. Diantara sekian banyaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *